RSUD dr. Sadikin Pariaman Lakukan Bimtek Aplikasi FORSA BLUD

RSUD dr. Sadikin Pariaman Lakukan Bimtek Aplikasi FORSA BLUD

Sebagai wujud penyelenggaraan pengawasan di bidang keuangan negara dan keuangan daerah, Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Aplikasi FORSA (Transformasi Sistem Akuntansi) BLUD. Bimbingan Teknis dilaksanakan selama 3 hari kerja yaitu pada tanggal 9-11 Agustus 2023 bertempat di Ruang Aula Gedung BPKP Provinsi Sumatera Barat, Padang.

Kegiatan ini diikuti oleh tiga RSUD yang akan menerapkan aplikasi ini yaitu RSUD dr. Sadikin Pariaman, RSUD M. Zein Painan, RSUD dr. M. A. Hanafiah SM Batusangkar, dan tujuh Puskesmas dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman.

Aplikasi FORSA BLUD itu sendiri merupakan aplikasi berbasis web yang menyediakan fitur terkait pengelolaan keuangan mulai dari perencanaan, penatausahaan, dan pelaporan keuangan. Aplikasi ini membantu BLUD dalam menyiapkan pertanggungjawaban keuangan yang diproses dan disusun sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan sebagai bentuk akuntabilitas pengelolaan keuangan sebagaimana diamanatkan dalam Permendagri Nomor 79 Tahun 2018 tentang BLUD.

Dengan adanya pelatihan ini mudah-mudahan diterapkannya aplikasi FORSA BLUD ini menjadi salah satu upaya peningkatan tata kelola keuangan BLUD yang dapat berujung pada peningkatan pelayanan BLUD kepada masyarakat. (jie2)

Leave a Reply

Copyright © 2023